• gambar
  • gambar

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN HASAN JUFRI KABUPATEN GRESIK, Jl. RAYA KEBON AGUNG DESA LEBAK KECAMATAN SANGKAPURA.

Pencarian

Kontak Kami


SMK HASAN JUFRI BAWEAN

NPSN : 69965818

Jl. Raya Kebon Agung Desa Lebak Kecamatan Sangkapura Bawean Kabupaten Gresik


info@smkhasanjufri.sch.id

TLP : 0325421738


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 34726
Pengunjung : 15067
Hari ini : 21
Hits hari ini : 28
Member Online : 0
IP : 34.204.171.108
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Prospek Kerja Lulusan SMK Maritim




CIREBON - Mungkin sebagian orang kurang memahami mengenai program studi (prodi) apa saja yang ada di sekolah menengah kejuruan (SMK) maritim. Padahal, prospek kerja lulusannya cukup cerah.


Kepala SMK Negeri 1 Mundu Cirebon, Ecep Jalaluddin menjelaskan, SMK Perikanan dan Kelautan di Indonesia memiliki beberapa prodi yang menyiapkan siswanya menjadi tenaga handal dalam bidang kemaritiman. Prodi tersebut adalah Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI), Nautika Kapal Niaga, Teknika Kapal Niaga serya Agribisnis Perikanan dan Agribisnis Rumput Laut.Menurut Ecep, lulusan setiap prodi biasanya bekerja sesuai bidang yang dipilihnya tersebut. Misalnya, lulusan NKPI akan bekerja di kapal perikanan seperti di dek, atau menjadi nakhoda dan kapten. Kemudian, lulusan TKPI akan bekerja di kapal untuk penangkap ikan sebagi teknisi di mesin kapal.


"Sedangkan lulusan teknologi pengelolaan hasil perikanan, biasanya bekerja di industri luar negeri," ujar Ecep di SMKN 1 Mundu Cirebon, Jawa Barat, Selasa (3/3/2015).


Prospek kerja lulusan SMK kemaritiman cukup cerah karena tenaga ahli di bidang ini sangat dibutuhkan industri. Karenanya, para siswa pun dibekali berbagai keahlian seperti bahasa asing dan sertifikasi internasional.


Sertifikasi juga diberikan kepada tenaga pengajar, khususnya di bidang nautika dan teknika. Ecep menjelaskan, sertifikasi mengajar standar S-1 ini diberikan kepada para instruktur yang sudah berpengalaman di lapangan guna memperkuat staf pengajar di SMK Perikanan dan Kelautan.


"Prodi NKPI dan TKPI dianggap menjadi unggulan karena lulusannya harus ikut uji sertifikasi, yaitu ahli Nautika dari NKPI dan ahli teknika dari TKPI. Guru-guru yang mengajar dua mata pelajaran tersebut juga harus mengikuti uji sertifikasi," ucapnya.


(rfa)


Sumber: https://news.okezone.com/read/2015/03/03/65/1113197/prospek-kerja-lulusan-smk-maritim



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas